10 Tips Sukses yang Harus Kamu Aplikasikan Waktu Mengawali Usaha Pakaian Online

10 Tips Sukses yang Harus Kamu Aplikasikan Waktu Mengawali Usaha Pakaian Online – Usaha Pakaian online jadi salah satu kesempatan usaha yang mulai dicari beberapa orang. Masalahnya zaman saat ini warga cenderung malas sekedar untuk berjalan ke toko beli baju. Mereka semakin pilih manfaatkan handphone. Tinggal click, tranfer, karena itu pesanan pakaian akan datang sendirinya ke rumah. Karenanya, tidak bingung bila usaha pakaian online jadi idola di masa globalisasi saat ini.

Akan tetapi, Kamu harus juga tahu jika kompetisi dalam usaha pakaian online cukup ketat. Jadi sebelum mengawalinya, Kamu perlu pelajari banyak hal supaya usahamu dapat berjalan sukses. Nah, berikut ini beberapa tips untuk mengawali usaha pakaian online.

1. Survey Pasar Online serta Off line

Langkah awal yang perlu Kamu kerjakan sebelum putuskan berjualan online, tetapkan tipe pakaian apa yang akan Kamu jual. Apa Kamu ingin jual pakaian muslim, jilbab, pakaian handmade, pakaian impor, pakaian rajut, jacket, atau yang lain. Bila Kamu bingung tentukan pilihan, karena itu selekasnya kerjakan survey pasar baik dengan cara online atau off line.

Cari tipe baju yang terbanyak disukai warga pada tahun ini. Kamu dapat melakukan survey online di marketplace seperti Tokopedia, Blibli, Lazada, atau media sosial lain seumpama instragam, facebook, serta yang lain. Sedang untuk survey off line, coba berkunjunglah ke pasar atau mall, serta lihatlah tipe baju apa yang terkenal serta banyak dipasarkan.

2. Reseller atau Dropship?

Sesudah Kamu tentukan tipe baju apa yang akan Kamu jual, setelah itu Kamu harus tentukan ingin jadi reseller atau dropship. Bila Kamu ingin jadi reseller bermakna Kamu harus sediakan modal. Tetapi untuk skema dropship tak perlu modal.

Pendapat Saya, jika Kamu seorang pemula seharusnya pilih skema pemasaran dropship. Kamu perlu pasarkan lagi beberapa produk dari supplier di sosial media. Nanti jika ada orang yang order, baru produk itu dikirim ke konsumen dengan cara langsung dari supplier dengan memakai “nama tokomu “.

3. Mencari Supplier yang Terpecaya serta Ramah

Saat ini, banyak online shop yang buka layanan reseller serta dropship. Kamu tak perlu cemas, namun usahakanlah cari yang terpecaya sebab di zaman saat ini cukup banyak toko online yang menyukai menipu untuk mengantongi keuntungan semata-mata.

Tekankan baju yang dipasarkan supplier sesuai fotonya serta bermutu. Disamping itu, pilih yang ownernya ramah serta mudah dihubungi. Dengan demikian, proses transaksi dapat semakin mudah.

4. Pelajari Seluk-Beluk Dunia Fashion

Sebelum Kamu jual baju, seharusnya pelajarilah dahulu beberapa hal yang terkait dengan dunia fashion, design, kain, serta sejenisnya. Janganlah sampai Kamu jual suatu hal yang tidak Kamu pahami. Ingat! Segala hal itu ada ilmunya. Begitu juga dengan jual pakaian. Jadi harus belajar dahulu baru diaplikasikan. Dengan begitu, seumpama ada buyer yang menanyakan mengenai baju itu, Kamu dapat menerangkannya dengan cara detail.

5. Tetapkan Lapak Tempat Berjualan

Langkah ke-5, tetapkan dimana Kamu akan buka lapak untuk tempat berjualan. Untuk pilihan, Kamu dapat coba di berjualan pakaian online di instragam, facebook atau marketplace seperti Tokopedia.

Sebetulnya makin banyak lapak yang Kamu bikin, karena itu kesempatan terjualnya bajumu makin besar, Tetapi bila Kamu tidak dapat mengurus semua, seharusnya konsentrasi salah satunya saja. Yang penting teratur mengupload, promo serta terus mengupdate.

6. Tulis Gambaran Dengan jelas

Dalam lakukan usaha pakaian online, kualitas photo sangat penting. Tetapi hal-hal lain yang jangan dilalaikan ialah gambaran dari baju itu. Usahakanlah untuk tuliskan gambaran sedetail mungkin, dari mulai bahan, ukuran, warna, harga serta cara pengiriman.

Tidak ketinggalan juga, masukkan contact admin yang dapat dikontak untuk proses pengorderan. Beberapa macam contact yang dapat Kamu pakai, seperti Line, Whatshapp, serta BBM.

7. Unggah Foto-Foto Testimoni Dari Konsumen

Bagian satu ini terkadang seringkali dilalaikan oleh beberapa seller, walau sebenarnya penting loh! Dengan memperlihatkan foto-foto testimoni beberapa konsumen memperlihatkan jika online shop milikmu terpecaya serta bukan penipuan. Hingga customer yang ingin beli juga berasa semakin percaya.

Bila Kamu memandang ini menganggu, karena itu Kamu dapat membuat lapak baru khusus untuk foto-foto testimoni dari konsumen setia. Catat link account testimoni itu di Bio tempat Kamu berjualan online.

8. Tetapkan Harga

Nah, tentukan harga untuk beberapa produk online ini dapat disebut gampang-gampang susah. Pasalnya jumlah kompetitor kalian cukup banyak. Jadi semisal Kamu nekat meningkatkan harga lumayan mahal, karena itu efeknya produkmu akan dijauhi konsumen.

Sebaliknya bila Kamu ambil sedikit keuntungan, peluang produkmu dapat cepat laku. Tetapi Kamu harus bersabar untuk sampai omzet yang besar. Toh, bila produkmu banyak terbeli, keuntungan selalu mengalir. Yang penting, usahakanlah untuk menabung supaya usahamu tidak berjalan percuma.

9. Jangan Spamming di Account Medsos Orang Lain

Kalian tentu seringkali lihat online shop yang suka mempromokan produknya di kolom komentar lapak seseorang, terutamanya punya selebgram. Duh, serius deh aksi itu benar-benar tidak efisien. Meskipun Kamu spamming berpuluh-puluh kali, Saya jamin tidak ada yang membacanya. Mereka justru risih dengan hal itu serta bisa-bisa account milikmu dikunci.

Karenanya, sedapat mungkin jangan sampai lakukan spamming untuk memperoleh pengikut di toko online. Lebih bagus Kamu mempromokannya ke rekan-rekan paling dekat atau saudaramu melalui jaringan pribadi.

10. Berdoa serta Tidak Gampang Berputus Harapan

Buka usaha pakaian online memang terlihat gampang, tetapi sebetulnya tidak semudah yang terlihat. Diperlukan ketekunan serta mental kuat untuk dapat mempertahankannya. Perlu Kamu paham.kamu mengerti, jika keberhasilan dalam berjualan online tidak dapat dicapai hanya dalam tempo satu bulan, dua bulan atau tiga bulan. Semuanya perlu proses dan waktu. Yang penting jangan sampai menyerah dan terus berdoa.

Demikian beberapa tips sukses mengawali usaha pakaian online. Satu pepatah yang perlu kalian ingat saat akan jalankan usaha jika “Proses tidak mengkhianati hasil “. Jadi terus berusaha! Mudah-mudahan berguna!

Baca Juga: Kenali Kelebihan Sekolah Bisnis Internet SB1M Yang Menguntungkan Pelaku Bisnis Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *